Rabu, 10 September 2014

REKAP HASIL PENILAIAN  KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN

a.       Nama                                                                    :
NIP                                                                         :
Tempat/Tanggal Lahir                                    :
Pangkat/Jabatan/Golongan                        : Pengatur / Guru / II c
TMT sebagai guru                                            : 01 - 02 - 2009
Masa Kerja                                                         : 06 Tahun 02 Bulan
Jenis Kelamin                                                     : Perempuan
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi                               : D.II / A.II PGSD
Program Keahlian yang diampu                 : Guru Kelas

b.      Nama Instansi/Sekolah                                 : SD Negeri 70 Pekanbaru
Telp/Fax                                                              : 
Kelurahan                                                           : Labuhbaru Timur
Kecamatan                                                         : Payung Sekaki
Kabupaten/Kota                                              : Pekanbaru
Provinsi                                                                                : Riau

Periode Penilaian
1 Januari 2013             sampai       30 Juni 2013

Formatif
Tahun
2013

Sumatif

Kemajuan


No
Kompetensi
Nilai *)
A.  Pedagogik

1.
Menguasai karakteristik peserta didik
3
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelanjaran yang mendidik
3
3.
Pengembangan kurikulum
4
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
3
5.
Pengembangan potensi peserta didik
3
6.
Komunikasi dengan peserta didik
3
7.
Penilaian dan evaluasi
4
B.      Kepribadian

8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
3
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
4
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
4
C.      Sosial

11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
3
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
4
D.      Profesional

13.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
4
14.
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
3
Jumlah (hasil penilaian kinerja guru)
48

*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan Nilai maksimum = 4


                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                Pekanbaru,  30 Juni 2013


      Guru yang dinilai                                                             Penilai                                                    Kepala Sekolah




                                                                                  Drs. AMIRUDDIN                                  Drs. AMIRUDDIN
 NIP.                                                                 NIP. 19580214 197802 1 001                          NIP. 19580214 197802 1 001







FORMAT PERHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU KELAS/MATA PELAJARAN

a.       Nama                                                                    :
NIP                                                                         :
Tempat/Tanggal Lahir                                    :
Pangkat/Jabatan/Golongan                        : Pengatur / Guru / II c
TMT sebagai guru                                            : 01 - 02 - 2009
Masa Kerja                                                         : 06 Tahun 02 Bulan
Jenis Kelamin                                                     : Perempuan
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi                               : D.II / A.II PGSD
Program Keahlian yang diampu                 : Guru Kelas

b.      Nama Instansi/Sekolah                                 : SD Negeri 70 Pekanbaru
Telp/Fax                                                              : 
Kelurahan                                                           : Labuhbaru Timur
Kecamatan                                                         : Payung Sekaki
Kabupaten/Kota                                              : Pekanbaru
Provinsi                                                                                : Riau



Nilai PK Guru Kelas/Mata Pelajaran

48
Konversi nilai PK Guru ke dalam skala 0-100 sesuai Permenneg PAN & RM no. 16 Tahun 2009 dengan rumus

                      Nilai PKG (100) =                 Nilai PKG            x   100 =  48   x 100 =
                                                             Nilai PKG Tertinggi                    56
85,7
Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala nilai sesuai dengan peraturan tersebut, selanjutnya ditetapkan sebutan dan persentase angka kreditnya
 Baik
100 %
Perolehan angka kredit (untuk pembelajaran) yang dihitung berdasarkan rumus berikut ini :


Angka kredit satu tahun = (AKK-AKPKB-AKP) X (JM/JWM) X NPK
                                                                             4






                                                                                                                                                             Pekanbaru,  30 Juni 2013


      Guru yang dinilai                                                             Penilai                                                    Kepala Sekolah




                                                                                 Drs. AMIRUDDIN                                   Drs. AMIRUDDIN
 NIP.                                                                  NIP. 19580214 197802 1 001                         NIP. 19580214 197802 1 001














Kompetensi 1                                    : Mengenal karakteristik peserta didik
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru




Tindak lanjut yang diperlukan :




Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan




Tindak lanjut yang diperlukan :




Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru



Tindak lanjut yang diperlukan :





Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru*
(catat kegiatan yang dilakukan)






Penilaian untuk kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya

1

2.       Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran

1

3.       Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda

1

4.       Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya

1

5.       Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik


2
6.       Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb)


2
Total skor untuk kompetensi 1



8
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indicator x 2



12
Persentase = (total skor/12 x 100%



66,6 %
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3

































Kompetensi 2                                    : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :






Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan






Tindak lanjut yang diperlukan :






Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :








Penilaian untuk kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi

1

2.       Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut

1

3.       Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran

1

4.       Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik


2
5.       Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses  belajar peserta didik

1

6.       Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya


2
Total skor untuk kompetensi 2



8
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator x 2



12
Persentase = (total skor/12 x 100%



66,6 %
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3




























Kompetensi 3                                    : Pengembangan kurikulum
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :






Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan





Tindak lanjut yang diperlukan :






Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :










Penilaian untuk kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum



2
2.       Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan


2
3.       Guru mengikuti materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran


2
4.       Guru memilih materi pembelajaran yang : a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas , e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik

1

Total skor untuk kompetensi 3



7
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator x 2




8
Persentase = (total skor/8 x 100%



87,5 %
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4




































Kompetensi 4                                    : Kegiatan Pembelajaran yang mendidik
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :






Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan





Tindak lanjut yang diperlukan :






Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :









Penilaian untuk kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya

1

2.       Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan


2
3.       Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik

1

4.       Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi, misalnya : dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar

1

5.       Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik


2
6.       Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik

1

7.       Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif

1

8.       Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas


2
9.       Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain


2
10.   Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik, sebagai contoh : guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya

1

11.   Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio –visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran

1

Total skor untuk kompetensi 4



15
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator x 2



22
Persentase = (total skor/22 x 100%



68,1 %
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3











Kompetensi 5                                    : Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru



Tindak lanjut yang diperlukan :




Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan




Tindak lanjut yang diperlukan :




Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru




Tindak lanjut yang diperlukan :




Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)







Penilaian untuk kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru menganalisa hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengtahui tingkat kemajuan masing-masing

1

2.       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing

1

3.       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik


2
4.       Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu


2
5.       Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik

1

6.       Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing

1

7.       Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan


2
Total skor untuk kompetensi 5



10
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator x 2



14
Persentase = (total skor/14 x 100%



71,4 %
Nilai untuk kompetensi 5
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3





























Kompetensi 6                                    : Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :






Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan





Tindak lanjut yang diperlukan :






Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :









Penilaian untuk kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide  dan pengetahuan mereka

1

2.       Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut

1

3.       Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai dengan yujuan kurikulum tanpa mempermalukannya


2
4.       Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik


2
5.       Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik

1

6.       Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik


2
Total skor untuk kompetensi 6



9
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator x 2



12
Persentase = (total skor/12 x 100%



75 %
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3





























Kompetensi 7                                    : Penilaian dan Evaluasi
Nama Guru                                         :
Nama Penilai                                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru






Tindak lanjut yang diperlukan :








Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru






Tindak lanjut yang diperlukan :

























Penilaian untuk kompetensi 7 : Penilaian dan Evaluasi

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP

1

2.       Guru melaksanakan penilain dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik , tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan di pelajari


2
3.       Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan


2
4.       Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya

1

5.       Guru memanfaatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajarn yang akan dilakukan selanjutnya


2
Total skor untuk kompetensi 7



8
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator x 2



10
Persentase = (total skor/10 x 100%



80 %
Nilai untuk kompetensi 10
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4






























Kompetensi 8                    : Berindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru





Tindak lanjut yang diperlukan :







Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa


Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)

































Penilaian untuk kompetensi 8 : Berindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional  
                                                          Indonesia

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip pancasila sebagai dasar ideology dan etika bagi semua warga Indonesia

1

2.       Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan temat sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya : suku, agama dan gender)

1

3.       Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing


2
4.       Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuaan sebagai bangsa Indonesia


2
5.       Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya : budaya, suku, agama)

1

Total skor untuk kompetensi 8



7
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator x 2



10
Persentase = (total skor/10 x 100%



70 %
Nilai untuk kompetensi 8
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3





































Kompetensi 9                    : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru






Tindak lanjut yang diperlukan :








Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)































Penilaian untuk kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua dan teman sejawat


2
2.       Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan


2
3.       Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran


2
4.       Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran


2
5.       Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah



2
Total skor untuk kompetensi 9



10
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator x 2



10
Persentase = (total skor/10 x 100%



100 %
Nilai untuk kompetensi 9
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4



































Kompetensi 10                 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru







Tindak lanjut yang diperlukan :








Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)





























Penilaian untuk kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu


2
2.       Jika guru harus meninggalkan kelas, guru menaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pembelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas


2
3.       Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah


2
4.       Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alas an dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas


2
5.       Guru menyelesaikan semua tugas administrative dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang di tetapkan

1

6.       Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya


2
7.       Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah


2
8.       Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru



2
Total skor untuk kompetensi 10



15
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator x 2



16
Persentase = (total skor/16 x 100%



93,7 %
Nilai untuk kompetensi 10
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4


























Kompetensi 11                 : Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru








Tindak lanjut yang diperlukan :









Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)



























Penilaian untuk kompetensi 11 : Bertindak inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal

1

2.       Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya

1

3.       Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya : peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru)


2
Total skor untuk kompetensi 11



4
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator x 2



6
Persentase = (total skor/6 x 100%



66,6 %
Nilai untuk kompetensi 11
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3








































Kompetensi 12                 : Komunikasi dengan sesame guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik dan 
                                              masyarakat
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin



Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)


















































Penilaian untuk kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik 
                                                             dan masyarakat

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya


2
2.       Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya

1

3.       Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar , serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat


2
Total skor untuk kompetensi 12



5
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator x 2



6
Persentase = (total skor/6 x 100%



83,3 %
Nilai untuk kompetensi 12
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4






































Kompetensi 13                 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata 
                                              pelajaran yang diampu
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru







Tindak lanjut yang diperlukan :









Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan








Tindak lanjut yang diperlukan :

















Penilaian untuk kompetensi 13 : Penugasan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
                                                             mata pelajaran yang diampu

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan

1

2.       Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran


2
3.       Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran


2
Total skor untuk kompetensi 13



5
Skor maksimum kompetensi 13 = jumlah indikator x 2



6
Persentase = (total skor/6 x 100%



83,3 %
Nilai untuk kompetensi 13
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



4





































Kompetensi 14                 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
Nama Guru                         :
Nama Penilai                      : Drs. Amiruddin



Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan  Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)



















































Penilaian untuk kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

Skor

Indikator

Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri


2
2.       Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya

1

3.       Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)

1

4.       Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya

1

5.       Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB

1

6.       Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB


2
Total skor untuk kompetensi 14



8
Skor maksimum kompetensi 14 = jumlah indikator x 2



12
Persentase = (total skor/12 x 100%



66,6 %
Nilai untuk kompetensi 14
(0% < x  ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% < x  ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)



3
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar