REKAP HASIL PENILAIAN
KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a.
Nama :
NIP :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pangkat/Jabatan/Golongan :
Pengatur / Guru / II c
TMT sebagai guru : 01
- 02 - 2009
Masa Kerja :
06 Tahun 02 Bulan
Jenis Kelamin :
Perempuan
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi :
D.II / A.II PGSD
Program Keahlian yang
diampu : Guru Kelas
b.
Nama Instansi/Sekolah : SD Negeri 70
Pekanbaru
Telp/Fax :
Kelurahan : Labuhbaru Timur
Kecamatan : Payung Sekaki
Kabupaten/Kota : Pekanbaru
Provinsi :
Riau
Periode
Penilaian
1 Januari 2013 sampai 30
Juni 2013
|
Formatif
|
√
|
Tahun
2013
|
Sumatif
|
|
||
Kemajuan
|
|
No
|
Kompetensi
|
Nilai
*)
|
A. Pedagogik
|
|
|
1.
|
Menguasai karakteristik peserta didik
|
3
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelanjaran yang mendidik
|
3
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
4
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
3
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
3
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
3
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
4
|
B. Kepribadian
|
|
|
8.
|
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
sosial dan kebudayaan nasional
|
3
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan
teladan
|
4
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi,
rasa bangga menjadi guru
|
4
|
C. Sosial
|
|
|
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif
|
3
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
4
|
D. Profesional
|
|
|
13.
|
Penguasaan materi, struktur, konsep dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
4
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui
tindakan yang reflektif
|
3
|
Jumlah
(hasil penilaian kinerja guru)
|
48
|
*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan
evaluasi PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan Nilai maksimum = 4
Pekanbaru, 30 Juni 2013
Guru yang dinilai Penilai Kepala
Sekolah
Drs. AMIRUDDIN Drs. AMIRUDDIN
NIP. NIP. 19580214 197802 1 001 NIP. 19580214 197802 1 001
FORMAT PERHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU KELAS/MATA
PELAJARAN
a.
Nama :
NIP :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pangkat/Jabatan/Golongan : Pengatur / Guru / II c
TMT sebagai guru : 01
- 02 - 2009
Masa Kerja :
06 Tahun 02 Bulan
Jenis Kelamin :
Perempuan
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi :
D.II / A.II PGSD
Program Keahlian yang
diampu : Guru Kelas
b.
Nama Instansi/Sekolah : SD Negeri 70
Pekanbaru
Telp/Fax :
Kelurahan : Labuhbaru Timur
Kecamatan : Payung Sekaki
Kabupaten/Kota : Pekanbaru
Provinsi :
Riau
Nilai PK Guru Kelas/Mata Pelajaran
|
48
|
|
Konversi nilai PK Guru ke dalam skala
0-100 sesuai Permenneg PAN & RM no. 16 Tahun 2009 dengan rumus
Nilai PKG Tertinggi
56
|
85,7
|
|
Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala
nilai sesuai dengan peraturan tersebut, selanjutnya ditetapkan sebutan dan
persentase angka kreditnya
|
Baik
|
100 %
|
Perolehan angka kredit (untuk
pembelajaran) yang dihitung berdasarkan rumus berikut ini :
Angka kredit satu tahun = (AKK-AKPKB-AKP)
X (JM/JWM) X NPK
|
|
Pekanbaru, 30 Juni 2013
Guru yang dinilai Penilai Kepala Sekolah
Drs.
AMIRUDDIN Drs. AMIRUDDIN
NIP. NIP.
19580214 197802 1 001 NIP. 19580214 197802 1 001
Kompetensi 1 :
Mengenal karakteristik peserta didik
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru*
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya
|
|
1
|
|
2.
Guru memastikan bahwa semua
peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif
dalam kegiatan pembelajaran
|
|
1
|
|
3.
Guru dapat mengatur kelas
untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
|
|
1
|
|
4.
Guru mencoba mengetahui
penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya
|
|
1
|
|
5.
Guru membantu mengembangkan
potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik
|
|
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta
didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas
pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan
(tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb)
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 1
|
|
|
8
|
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah
indicator x 2
|
|
|
12
|
Persentase = (total skor/12 x 100%
|
|
|
66,6 %
|
Nilai untuk kompetensi 1
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 2 :
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian
untuk kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan
kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas
yang bervariasi
|
|
1
|
|
2.
Guru selalu memastikan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan
menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman
tersebut
|
|
1
|
|
3.
Guru dapat menjelaskan alasan
pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun
yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
|
|
1
|
|
4.
Guru menggunakan berbagai
teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik
|
|
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran maupun proses belajar
peserta didik
|
|
1
|
|
6.
Guru memperhatikan respon
peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan
dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 2
|
|
|
8
|
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator
x 2
|
|
|
12
|
Persentase = (total skor/12 x 100%
|
|
|
66,6 %
|
Nilai untuk kompetensi 2
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 3 :
Pengembangan kurikulum
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian untuk kompetensi 3 : Pengembangan
kurikulum
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru dapat menyusun silabus
yang sesuai dengan kurikulum
|
|
|
2
|
2.
Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu
agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan
|
|
|
2
|
3.
Guru mengikuti materi
pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
|
|
|
2
|
4.
Guru memilih materi
pembelajaran yang : a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
dan d) dapat dilaksanakan di kelas , e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik
|
|
1
|
|
Total skor untuk kompetensi 3
|
|
|
7
|
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
8
|
Persentase = (total skor/8 x 100%
|
|
|
87,5 %
|
Nilai untuk kompetensi 2
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 4 :
Kegiatan Pembelajaran yang mendidik
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian
untuk kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan
pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang
tujuannya
|
|
1
|
|
2.
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses proses belajar peserta
didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan
|
|
|
2
|
3.
Guru mengkomunikasikan
informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik
|
|
1
|
|
4.
Guru menyikapi kesalahan yang
dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan
semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi, misalnya : dengan mengetahui
terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan
jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar
|
|
1
|
|
5.
Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik
|
|
|
2
|
6.
Guru melakukan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan
mempertahankan perhatian peserta didik
|
|
1
|
|
7.
Guru mengelola kelas dengan
efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua
waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif
|
|
1
|
|
8.
Guru mampu menyesuaikan
aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas
|
|
|
2
|
9.
Guru memberikan banyak
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan
berinteraksi dengan peserta didik lain
|
|
|
2
|
10.
Guru mengatur pelaksanaan
aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar
peserta didik, sebagai contoh : guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya
|
|
1
|
|
11.
Guru menggunakan alat bantu
mengajar, dan/atau audio –visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
|
|
1
|
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|
|
15
|
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
22
|
Persentase = (total skor/22 x 100%
|
|
|
68,1 %
|
Nilai untuk kompetensi 4
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 5 :
Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru menganalisa hasil
belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik
untuk mengtahui tingkat kemajuan masing-masing
|
|
1
|
|
2.
Guru merancang dan
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk
belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing
|
|
1
|
|
3.
Guru merancang dan
melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik
|
|
|
2
|
4.
Guru secara aktif membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada
setiap individu
|
|
|
2
|
5.
Guru dapat mengidentifikasi
dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar
masing-masing peserta didik
|
|
1
|
|
6.
Guru memberikan kesempatan
belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing
|
|
1
|
|
7.
Guru memusatkan perhatian
pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan
menggunakan informasi yang disampaikan
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 5
|
|
|
10
|
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
14
|
Persentase = (total skor/14 x 100%
|
|
|
71,4 %
|
Nilai untuk kompetensi 5
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 6 :
Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian
untuk kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru menggunakan pertanyaan
untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka
|
|
1
|
|
2.
Guru memberikan perhatian dan
mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa
menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan tersebut
|
|
1
|
|
3.
Guru menanggapinya pertanyaan
peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai dengan yujuan
kurikulum tanpa mempermalukannya
|
|
|
2
|
4.
Guru menyajikan kegiatan
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik
|
|
|
2
|
5.
Guru mendengarkan dan
memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar
maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik
|
|
1
|
|
6.
Guru memberikan perhatian
terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan
untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 6
|
|
|
9
|
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
12
|
Persentase = (total skor/12 x 100%
|
|
|
75 %
|
Nilai untuk kompetensi 6
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 7 :
Penilaian dan Evaluasi
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs.
Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah pengamatan : Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian
untuk kompetensi 7 : Penilaian dan Evaluasi
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru menyusun alat penilaian
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
seperti yang tertulis dalam RPP
|
|
1
|
|
2.
Guru melaksanakan penilain
dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik , tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan di pelajari
|
|
|
2
|
3.
Guru menganalisis hasil
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan
|
|
|
2
|
4.
Guru memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran
selanjutnya dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran,
rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya
|
|
1
|
|
5.
Guru memanfaatkan hasil
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajarn yang akan dilakukan
selanjutnya
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 7
|
|
|
8
|
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
10
|
Persentase = (total skor/10 x 100%
|
|
|
80 %
|
Nilai untuk kompetensi 10
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 8 :
Berindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
Indonesia
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 8 : Berindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan
kebudayaan nasional
Indonesia
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru menghargai dan
mempromosikan prinsip-prinsip pancasila sebagai dasar ideology dan etika bagi
semua warga Indonesia
|
|
1
|
|
2.
Guru mengembangkan kerjasama
dan membina kebersamaan dengan temat sejawat tanpa memperhatikan perbedaan
yang ada (misalnya : suku, agama dan gender)
|
|
1
|
|
3.
Guru saling menghormati dan
menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing
|
|
|
2
|
4.
Guru memiliki rasa persatuan
dan kesatuaan sebagai bangsa Indonesia
|
|
|
2
|
5.
Guru mempunyai pandangan yang
luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya : budaya, suku, agama)
|
|
1
|
|
Total skor untuk kompetensi 8
|
|
|
7
|
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
10
|
Persentase = (total skor/10 x 100%
|
|
|
70 %
|
Nilai untuk kompetensi 8
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 9 :
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru bertingkah laku sopan
dalam berbicara, berpenampilan dan berbuat terhadap semua peserta didik,
orang tua dan teman sejawat
|
|
|
2
|
2.
Guru mau membagi
pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan
|
|
|
2
|
3.
Guru mampu mengelola
pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati peserta didik, sehingga
semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran
|
|
|
2
|
4.
Guru bersikap dewasa dalam
menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran
|
|
|
2
|
5.
Guru berperilaku baik untuk
mencitrakan nama baik sekolah
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 9
|
|
|
10
|
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
10
|
Persentase = (total skor/10 x 100%
|
|
|
100 %
|
Nilai untuk kompetensi 9
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 10 :
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga
menjadi guru
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu
|
|
|
2
|
2.
Jika guru harus meninggalkan
kelas, guru menaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait
dengan mata pembelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk
mengawasi kelas
|
|
|
2
|
3.
Guru memenuhi jam mengajar
dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin
dan persetujuan pengelola sekolah
|
|
|
2
|
4.
Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alas an dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas
|
|
|
2
|
5.
Guru menyelesaikan semua
tugas administrative dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar
yang di tetapkan
|
|
1
|
|
6.
Guru memanfaatkan waktu luang
selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya
|
|
|
2
|
7.
Guru memberikan kontribusi
terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif
terhadap nama baik sekolah
|
|
|
2
|
8.
Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 10
|
|
|
15
|
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
16
|
Persentase = (total skor/16 x 100%
|
|
|
93,7 %
|
Nilai untuk kompetensi 10
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 11 :
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 11 : Bertindak inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru memperlakukan semua
peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal
|
|
1
|
|
2.
Guru menjaga hubungan baik
dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi
positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan
pekerjaannya
|
|
1
|
|
3.
Guru sering berinteraksi
dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok
tertentu (misalnya : peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah
yang sama dengan guru)
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 11
|
|
|
4
|
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
6
|
Persentase = (total skor/6 x 100%
|
|
|
66,6 %
|
Nilai untuk kompetensi 11
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesame guru, tenaga
pendidikan, orang tua peserta didik dan
masyarakat
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang
tua peserta didik
dan masyarakat
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru menyampaikan informasi
tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya,
baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua,
teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya
|
|
|
2
|
2.
Guru ikut berperan aktif
dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan
masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya
|
|
1
|
|
3.
Guru memperhatikan sekolah sebagai
bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar , serta
berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 12
|
|
|
5
|
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
6
|
Persentase = (total skor/6 x 100%
|
|
|
83,3 %
|
Nilai untuk kompetensi 12
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 13 :
Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata
pelajaran yang diampu
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
|
Penilaian
untuk kompetensi 13 : Penugasan materi struktur konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru melakukan pemetaan
standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya,
untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan
|
|
1
|
|
2.
Guru menyertakan informasi
yang tepat dan mutakhir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
|
|
|
2
|
3.
Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 13
|
|
|
5
|
Skor maksimum kompetensi 13 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
6
|
Persentase = (total skor/6 x 100%
|
|
|
83,3 %
|
Nilai untuk kompetensi 13
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
4
|
Kompetensi 14 :
Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
Nama Guru :
Nama Penilai : Drs. Amiruddin
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(Catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian
untuk kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
|
Skor
|
||
Indikator
|
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
1.
Guru melakukan evaluasi diri
secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri
|
|
|
2
|
2.
Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya
|
|
1
|
|
3.
Guru memanfaatkan bukti
gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran selanjutnya dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan
(PKB)
|
|
1
|
|
4.
Guru dapat mengaplikasikan
pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan
tindak lanjutnya
|
|
1
|
|
5.
Guru melakukan penelitian,
mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar,
konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB
|
|
1
|
|
6.
Guru dapat memanfaatkan TIK
dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB
|
|
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 14
|
|
|
8
|
Skor maksimum kompetensi 14 = jumlah
indikator x 2
|
|
|
12
|
Persentase = (total skor/12 x 100%
|
|
|
66,6 %
|
Nilai untuk kompetensi 14
(0% <
x ≤ 25 % = 1; 25 % < x ≤ 50 % = 2
(50% <
x ≤ 75 % = 3; 75 % < x ≤ 100 % = 4)
|
|
|
3
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar